TULISAN TOU1 MINGGU KE-2

02:02 0 Comments

TULISAN TOU1 MINGGU KE-2

MEMBUAT MUSIK HANYA DENGAN LAPTOP


Membuat musik seperti layaknya produser musik major label tentu jika dipikirkan akan terasa sulit. Bukan saja tentang cara membuat musiknya sendiri, akan tetapi kebutuhan peralatan rekaman yang menunjang agar mendapatkan kualitas yang memenuhi standar pasar. Yang saya ketahui peralatan rekaman yang dimiliki oleh produser musik major label adalah peralatan yang harganya sangat mahal berkisar antara 2jt – 60jt. Kita sebut saja salah satu peralatan rekaman yang mahal adalah mixer dengan harga sampai 55jt. Tentunya buat saya itu adalah harga yang sangat mahal, dibandingkan dengan uang saku kuliah saya yang hanya 100 ribu per minggu. Awalnya saat saya ingin membuat musik saya sendiri dengan peralatan yang saya punya, sempat saya merasakan putus asa, karena saya berpikir jika musik yang saya ingin buat adalah musik seperti yang diproduksi oleh major label yang menggunakan perlatan dengan harga yang semahal itu saya tidak mungkin bisa. Namun karena keinginan saya yang kuat untuk membuat musik dengan kualitas major label, saya memutuskan untuk tidak berhenti melakukan percobaan dan mencari informasi tentang cara membuat musik dengan alat yang sederhana. Setelah saya melakukan berkali-kali percobaan akhirnya saya terpuaskan dengan hasil karya saya yang pertama, karena hasilnya bisa dibilang mendekati hasil produksi major label.

Berikut adalah peralatan yang saya pakai untuk membuat musik yang saya jelaskan kegunaanya secara singkat.

-          Laptop (Windows 7 32-bit)
Tentu saja disini kita membutuhkan laptop atau komputer personal (PC) untuk memasukkan dan membuat suara instrument atau vokal. Disarankan spesifikasi minimal adalah : 1. CPU 2,53 GHZ, 2. RAM 2 GB, 3. VGA 1200 MB.

-          Gitar elektrik
Gitar elektrik disesuaikan si pembuat musik, atau yang disukai.

-          Efek zoom

Ini sebagai contoh saja, bisa mengguanakan efek gitar yang lain. Efek gitar disini fungsinya untuk menggantikan posisi pre-amp yaitu agar suara input dari gitar menjadi lebih bersih dan suara yang masuk menjadi lebih terdengar.

-          Converter 6,35mm to 3,5mm

Fungsinya untuk merubah kepala dari kabel jack gitar ke dalam bentuk kepala dari kabel input yang ada di laptop atau PC (3,5 mm).

-          Software
§  FL Studio

Software ini diperlukan untuk membuat/menggambar suara mulai dari drum, gitar, bass, piano, biola, dan berbagai macam instrument lainnya dalam bentuk MIDI (Musical Instrument Digital Interface). Ada banyak sekali jenis instrument yang disajikan di dalam software FL Studio ini, jadi kita bisa dengan leluasa berkarya. Disini juga terdapat Mixer Digital yang digunakan untuk merubah frekuensi suara yang dihasilkan dari setiap masing masing instrument, namun di FL Studio sendiri frekuensi suara dari masing masing instrument sudah disetting secara default.

§  Cool Edit Pro

Software ini nantinya akan digunakan untuk menyatukan(Mix) seluruh file MIDI ataupun hasil rekaman dari luar menjadi satu Track agar bisa menjadi sebuah lagu.

Berikut adalah penjelasan singkat tentang langkah-langkah membuat lagu dengan peralatan yang sudah saya sebutkan diatas.

1)      Lakukan perekaman atau pembuatan instrument (Recording).
Buatlah suara instrument yang ingin dibuat untuk lagunya. Misalkan disini pertama-tama saya membuat suara untuk instrument Drum, dikarenakan Drum itu menentukan Beat dari sebuah lagu. Buatlah menggunakan software FL Studio dengan plugin Ezdrummer(cari di Google).

 Gambarkan ketukan drum yang ingin dibuat seperti ketukan Snare, Bass, Hi-hat, Tom-1, Floor-Tom dll, buatlah sesuai keinginan.


Yang kedua adalah membuat instrument Gitar Bass karena yang paling dekat dengan Drum adalah Gitar Bass. Di FL Studio terdapat plugin yang bernama BooBass, gambarkan chordnya sesuai keinginan.


Selanjutnya masukan suara gitar, caranya hubungkan kabel OUT dari efek ke INPUT di laptop melalui Converter. Buatlah sesuai keinginan.


Selanjutnya adalah memasukkan suara Vokal. Pada laptop terdapat microphone bawaan yang bisa dijadikan media untuk merekam suara kita.
Selanjutnya tambahkan suara instrument lainnya sesuai dengan keinginan seperti biola, piano, dll.

2)      Gabungkan masing-masing instrument kedalam satu Track (Mixing).
Masukkan semua instrument yang sudah dibuat tadi kedalam software Cool Edit Pro, jadikan ke dalam satu Track. Atur posisi setiap instrument supaya sesuai dengan irama musiknya.

Disini juga diperlukan perubahan terhadap frekuensi dari masing-masing suara instrument agar semua suara dapat tertampung dalam satu lagu atau bisa dikatakan seluruh suara yang ada dapat terdengan dan tidak saling beradu. Lakukan penyesuaian volume suara supaya suara tidak terlalu keras ataupun tidak terlalu pelan. Lakukan pengeditan seperti menambahkan efek Delay, Chorus, Reverb dll, sesuai dengan keinginan.

3)      Lakukan pengecekan.
Telusuri track yang terdiri dari beberapa instrument tersebut, dan dengarkan apakah masih terdapat kesalahan yang dapat merusak lagu atau sudah bersih dan siap untuk di finishing. Biasanya di tahap ini saya melakukan pengecekan terhadap masing-masing suara apakah semua suara terdengar dan enak untuk didengarkan.

4)      Lakukan finishing (Mastering)
Ini adalah proses yang sangat penting dimana track yang sudah bersih dari kesalahan tadi di berikan sedikit bumbu agar bisa lebih enak di dengar. Dalam proses ini biasanya saya menggunakan mixer sebagai pengatur equalizer supaya kita bisa menentukan suara apakah yang ingin ditonjolkan, apakah Bass, Middle, Treble, atau seimbang. Misalkan dalam musik Rock equalizer yang digunakan adalah menaikan frekuensi pada Bass dan Treble dan menurunkan frekuensi pada Middle.

5)      Rubah kedalam bentuk file yang diinginkan.
Rubahlah bentuk file keluaran dari musik tadi kedalam bentuk file yang diinginkan. Misalkan file keluaran dari musik yang dibuat adalah .wav sedangkan kita ingin merubahnya kedalam bentuk .mp3. dalam tahap ini kita bisa menggunakan software yang bisa merubah format audio file dari .wav ke .mp3 atau sebaliknya. Software seperti ini banyak sekali ditemukan dari yang gratis dan berbayar.




  •  Berikut adalah contoh dari Musik yang saya buat hanya dengan menggunakan Laptop
           ►► Perfect - Simple Plan (Ilyas Cover)





Unknown

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

0 komentar:

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com tipscantiknya.com kumpulanrumusnya.comnya.com