Resume Kelompok 1 : Manusia dan Kebudayaan
Manusia dan Kebudayaan
v MANUSIA
Manusia di alam
dunia ini memegang peranan
yang unik, dan dapat
dipandang dari banyak segi. Dalarn ilmu eksakta, manusia
dipandang sebagai kumpulan dari partikel-partikel atom yang
membentuk jaringan-jaringan sistem
yang dimiliki oleh
manusia (ilmu kimia), manusia merupakan
kumpulan dari berbagai sistem
fisik yang saling terkait
satu sarna lain dan
merupakan kumpulan dari
energi (ilmu Fisika),
manusia merupakan mahluk
biologis yang yang tergolong
dalam golongan mahluk
mamalia (biologi). Dalam
ilmu-ilmu sosial, manusia
merupakan mahluk yang ingin
memperoleh keuntungan atau selalu
memperhitungkan setiap kegiatan, sering disebut homo economicus (ilmu ekonomi).
manusia merupakan mahluk sosial yang
tidak dapat berdiri
sendiri (sosiologi). mahluk
yang selalu ingin
mempunyai kekuasaan (politik). mahluk
yang berbudaya, sering
disebut homo-humanus (filsafat).
dan lain sebagainya.
Ada dua pandangan yang akan kita jadikan acuan untuk
menjelaskan tentang unsur -unsur yang
membangun manusia
1. Manusia itu
terdiri dari empat unsur yang saling
terkait, yaitu :
a. Jasad, yaitu badan
kasar manusia yang nampat
pada luarnya, dapat
diraba dan difoto, dan
menempati ruang dan waktu
menempati ruang dan waktu
b. hayat, yaitu mengandung unsur hidup, yang ditandai dengan gerak
c. ruh, yaitu bimbingan dan pimpinan
Tuhan, daya yang bekerja secara
spiritual dan memahami
kebenaran, suatu kemampuan mencipta yang bcrsifat konseptual yang menjadi pusat lahirnya
kebudayaan.
kebenaran, suatu kemampuan mencipta yang bcrsifat konseptual yang menjadi pusat lahirnya
kebudayaan.
d. nafas, dalam pengertian diri atau keakuan, yaitu kesadaran tentang
diri sendiri
2. Manusia
sebagai satu kepribadian mengandung tiga unsur yaitu:
a. Id, yang merupakan struktur kepribadian
yang paling primitif dan paling tidak nampak, Id merupakan
libido murni, atau energi psikis yang menunjukkan ciri alami yang irrasional dan terkait dengan
sex, yang secara instingtual menentukan proses-proses ketidaksadaran (unconcious).
libido murni, atau energi psikis yang menunjukkan ciri alami yang irrasional dan terkait dengan
sex, yang secara instingtual menentukan proses-proses ketidaksadaran (unconcious).
b. Ego, merupakan bagian
atau struktur kepribadian yang
pertama kali dibedakan dari Id,
seringkali
disebut sebagai kepribadian "eksekutif" karena peranannya dalarn menghubungkan energi Id ke
dalam saluran sosial yang dapat dimengerti oleh orang lain.
disebut sebagai kepribadian "eksekutif" karena peranannya dalarn menghubungkan energi Id ke
dalam saluran sosial yang dapat dimengerti oleh orang lain.
c. Superego, merupakan
struktur kepribadian yang paling
akhir, muncul kita-kira pada usia lima tahun.
Dibandingkan dengan Id dan ego, yang berkembang secara internal dalam diri individu, superego
terbentuk dari lingkungan eksternal.
Dibandingkan dengan Id dan ego, yang berkembang secara internal dalam diri individu, superego
terbentuk dari lingkungan eksternal.
v HAKEKAT MANUSIA
a. Mahluk
ciptaan Tuhan yang terdiri dari tubuh dan jiwa sebagai satu kesatuan yang utuh.
Tubuh adalah materi yang dapat dilihat, diraba, dirasa, wujudnya konkrit tetapi tidak abadi.
Tubuh adalah materi yang dapat dilihat, diraba, dirasa, wujudnya konkrit tetapi tidak abadi.
b. Mahluk ciptaan Tuhan
yang paling sempurna, jika
dibandingkan dengan mahluk
lainnya.
Kesempumaannya terletak pada adab dan budayanya, karena manusia dilengkapi oleh
penciptanyadengan akal, perasaan,dan kehendakyang terdapatdidalamjiwa manusia. Perasaan rohani
adalah perasaan luhur yang hanya terdapat pada manusia misalnya:
Kesempumaannya terletak pada adab dan budayanya, karena manusia dilengkapi oleh
penciptanyadengan akal, perasaan,dan kehendakyang terdapatdidalamjiwa manusia. Perasaan rohani
adalah perasaan luhur yang hanya terdapat pada manusia misalnya:
1. Perasaan
intelektual, yaitu perasaan yang berkenaan dengan pengetahuan.
2. Perasaan
estetis, yaitu perasaan yang berkenan dengan keindahan.
3. Perasaan
din, yaitu perasaan yang
berkenaan dengan harga diri karena ada kelebihan dari yang lain.
4. Perasaan
sosial, yaitu perasaan yang berkenaan dengan kelompok atau korp atau
hidup
bermasyarakat, ikut merasakan kehidupan orang lain.
bermasyarakat, ikut merasakan kehidupan orang lain.
5. Perasaan
religius, yaitu perasaan yang berkenaan dengan agama atau kepercayaan.
6. Seseorang merasa tentram jiwanya apabila
ia tawakal kepada Tuhan, yaitu mematuhi segala perintah-
Nya dan menjauhi larangan - Nya.
Nya dan menjauhi larangan - Nya.
Adanya kehendak dari setiap manusia mampu menciptakan perilaku tentang kebaikan menurut moral.
c. Mahluk biokultural,
yaitu mahluk hayati yang budayawi
Manusia adalah produk dari saling tindak atau interaksi faktor-faktor hayati dan budayawi.
Manusia adalah produk dari saling tindak atau interaksi faktor-faktor hayati dan budayawi.
d. Mahluk ciptaan
Tuhan yang terikat
dengan Iingkungan (ekologi),
mempunyai Ikualitas dan
martabat karena kemampuan bekerja dan berkarya.
martabat karena kemampuan bekerja dan berkarya.
v KEPRIBADIAN BANGSA TIMUR
Francis L.K Hsu, sarjana Amerika keturunan Cina yang
mengkombinasikan dalam dirinya keahlian di dalam ilmu antropologi.
ilmu psikologi, ilmu
filsafat dan kesusastraan dna klasik. Karya tulisnya
berjudul Psychological Homeostatis Cina Klasik. Majalah American Anthropologist, jilid 73 tahun
1971, halaman 23-24.
Ilmu psikologi yang
memang berasal dan
timbul dalarn masyarakat
Barat, dim ana konsep individu itu
mengambil tempat yang amat penting, biasanya menganalisis jiwa manusia
dengan terlampau banyak
menekan kepada pcmbatasan
konsep individu sebagai
kesatuan analisis tersendiri.
> Nomor 7 dan nomor
6 disebut daerah tak sadar
dan sub sadar.
> Nomor 5 disebut kesadaran
yang tak dinyatakan ( unexpressed conscious). Hal itu disebabkan ada
kemungkinan, bahwa:
a. ia takut salah dan takut dimarahi orang apabila ia menyatakannya.
kemungkinan, bahwa:
a. ia takut salah dan takut dimarahi orang apabila ia menyatakannya.
b. ia
sungkan menyatakannya.
c. ia malu karena
takut ditertawakan, atau
karena ada perasaan bersalah
yang mendalam
d. ia tidak bisa
menemukan kata-kata atau pernmusan yang
cocok untuk menyatakan gagasan
yang bersangkutan tadi kepada sesamanya,
yang bersangkutan tadi kepada sesamanya,
> Nomor 4 disebut
kesadaran yang dinyatakan (expressed
conscious).
> Nomor 3 disebut lingkaran hubungan karib, mengandung konsepsi tentang orang-orang.
> Nomor 2 disebut lingkungan
hubungan berguna, tidak lagi ditandai oleh sikap
sayang dan mesra,
melainkan ditentukan oleh fungsi kegunaan dari orang.
melainkan ditentukan oleh fungsi kegunaan dari orang.
> Nomor 1 disebut
lingkaran hubungan jauh, terdiri dari pikiran dan sikap
dalam alam
jiwa manusia tentang manusia, benda-benda, alat-alat, pengetahuan dan adat yang ada dalam
kebudayaan dan masyarakat sendiri, tetapi yang jarang sekali mempunyai arti dan pengaruh
langsung terhadap kehidupan sehari-hari.
jiwa manusia tentang manusia, benda-benda, alat-alat, pengetahuan dan adat yang ada dalam
kebudayaan dan masyarakat sendiri, tetapi yang jarang sekali mempunyai arti dan pengaruh
langsung terhadap kehidupan sehari-hari.
> Nomor 0 disebut lingkungan dunia Iuar, terdiri dari pikiran-pikiran dan anggapan-anggapanyang
hampir
sama dengan pikiran yang terletak dalam lingkungan nomor 1, hanya bedanya terdiri dari pikiran-pikir
dan anggapan-anggapan tentang orang dan hal yang terletak di luar masyarakat dan negara Indonesia,
dan ditanggapi oleh individu bersangkutan dengan sikap masa bodoh.
sama dengan pikiran yang terletak dalam lingkungan nomor 1, hanya bedanya terdiri dari pikiran-pikir
dan anggapan-anggapan tentang orang dan hal yang terletak di luar masyarakat dan negara Indonesia,
dan ditanggapi oleh individu bersangkutan dengan sikap masa bodoh.
Orang-orang yang
sering mendiskusikan kontras antara
kedua konsep tersebut secara populer, bisanya
menyangka bahwa Kebudayaan
Timur lebih mementingkan
kehidupan kerohanian, mistik,
pikiran preologis, keramahtamahan. dan
gotong royong. Sedangkan kebudayaan
Barat lebih mementingkan kebendaan,
pikiran logis. hubungan
asas guna (hubungan hanya
berdasarkan prinsip guna).
dan individualisme.
v PENGERTIAN KEBUDAYAAN
Dua orang
antropolog terkemuka yaitu
Melville J. Herkovits
dan Bronislaw Malinowski
mengemukakan bahwa Cultural Detirminism berarti segala sesuatu yang terdapat
di dalam masyarakat ditentukan adanya
oleh kebudayaan yang dimiliki masyarakat itu. Herkovits memandang kebudayaan
sebagai sesuatu yang superorganic,
karena kebudayaan yang turun
temurun dari generasi ke generasi hidup terus. Walaupun orang-orang yang
menjadi anggota masyarakat senantiasa silih berganti disebabkan kematian dan
kelahiran.
v UNSUR-UNSUR KEBUDAYAAN
Untuk lebih mendalami
kebudayaan, perlu dikenal
beberapa masalah lain
yang menyangkut kebudayaan. Misalnya
apa yang disebut dengan
unsur. Yang dimaksud dengan unsur disini adalah apa saja
sesungguhnya kebudayaan itu, sehingga
kebudayaan disini lebih
mengandung makna totalitas
dari pada sekedar
penjumlahan unsur-unsur yang
terdapat di dalamnya.
C.Kluckhohn di dalam karyanya berjudul Universal Categories of Culture mengemukakan, bahwa
ada tujuh unsur kebudayaan
universal, yaitu :
1. Sistem Religi (sistem
kepercayaan).
Merupakan
produk manusia sebagai
homo religieus.
2. Sistem organisasi kemasyarakatan.
Merupakan produk dari manusia sebagai homo socius.
3. Sistem pengetahuan.
Merupakan
produk manusia sebagai
homo sapiens.
4. Sistem mata pencaharian
hidup dan sistem-sistem
ekonomi.
Merupakan produk manusia sebagai homo economicus
menjadikan tingkat kehidupan manusia
secara umum terus
meningkat,
5. Sistem Teknologi dan
Peralatan.
Merupakan produk
dari manusia sebagai homo faber.
6. Bahasa
Merupakan
produk dari manusia
sebagai homo longuens.
7. Kesenian
Merupakan
hasil dari manusia
sebagai homo aestetieus.
§ WUJUD KEBUDAYAAN
Menurut dimensi wujudnya, kebudayaan
mempunyai tiga wujud yaitu :
1. Kompleks gagasan, konsep, dan pikiran
manusia
Wujud ini disebut sistem budaya,
sifatnya abstrak, tidak dapat dilihat, dan berpusat pada kepala
kepala manusia yang menganutnya.
kepala manusia yang menganutnya.
2. Kompleks aktivitas
Berupa aktivitas
manusia yang saling
berinteraksi, bersifat kongkret,
dapat diamati atau
diobservasi. Wujud ini sering disebut sistem sosial.
diobservasi. Wujud ini sering disebut sistem sosial.
3. Wujud sebagai benda
Aktivitas manusia
yang saling berinteraksi
tidak lepas dari berbagai
penggunaan peralatan
sebagai hasil karya manusia untuk mencapai tujuannya
sebagai hasil karya manusia untuk mencapai tujuannya
Mind Map
HASIL PEMIKIRAN :
Manusia dan kebudayaan, hubungan antara manusia dan kebudayaan adalah manusia sebagai
perilaku kebudayaan dan kebudayaan merupakan obyek yang dilaksanakan manusia oleh karena
itu mempunyai hubungan keterkaitan yang erat satu sama lain. Pada kondisi
sekarang ini kita tidak dapat lagi membedakan mana yang lebih awal muncul
manusia atau kebudayaan. Analisa terhadap kebradaan keduanya harus
menyertakan pembatasan masalah dan waktu agar penganalisaan dapat dilakukan
dengan lebih cermat.
0 komentar: