TUGAS BAHASA INDONESIA 1

03:36 0 Comments


“Bahasa lebih tajam dari sebilah pedang”, apa arti peribahasa tersebut ?

       Yang dimaksud dari peribahasa “Bahasa lebih tajam dari sebilah pedang” adalah, ketika kita berbicara maka sebuah bahasa yang keluar dari mulut kita itu seperti senjata yang mampu untuk melukai ataupun melindungi orang lain. Pesan yang ingin disampaikan pada peribahasa tersebut adalah, ketika kita hendak berbicara berpikirlah terlebih dahulu agar bahasa yang keluar dari mulut kita tidak melukai seseorang, memang sebuah bahasa tidak melukai secara fisik, namun bahasa dapat melukai secara psikologis, dan akan mempengaruhi suasana hati seseorang.
       
       Bahasa yang keluar dai mulut kita juga akan berdampak pada penilaian sesorang terhadap pribadi kita, karena bagaimanapun bahasa yang kita gunakan akan menggambarkan pribadi kita sebagai pengguna bahasa tersebut. Maka mulai sekarang pergunakanlah bahasa yang baik, sopan, dan berusahalah agar lawan bicara tidak terlukai karena bahasa yang kita pakai.



Buatlah karangan singkat tentang penggunaan Bahasa Indonesia di kalangan Keluarga dan Masyarakat !

       Bahasa Indonesia adalah bahasa ibu di Negara Indonesia, maka kita sebagai warga negara sebaiknya betul-betul mempelajari bahasa ini, karena bagaimanapun jika kita menggunakan bahasa yang benar maka dipastikan orang lain yang mendengarkan atau melihat tulisan kita akan mudah memahami maksud dari bahasa yang kita ungkapkan.

       Penggunaan Bahasa Indonesia di kalangan keluarga mungkin ada yang menggunakan bahasa baku, ada yang menggunakan bahasa santai (tidak terlalu baku), ada juga yang menggunakan bahasa daerah tempat dimana dia pernah tinggal. Penggunaan bahasa baku di keluarga biasanya ketika seorang anak berbicara kepada orang tuanya ataupun sebaliknya, dalam posisi si anak biasanya ia melihat kondisi dimana lawan bicara adalah seseorang yang dihormati, maka si anak lebih cenderung menggunakan bahasa indonesia yang baku, begitupun sebaliknya pada posisi orang tua yang akan menggunakan bahasa baku kepada anaknya dikarenakan kondisi si orang tua harus mengajarkan bahasa yang benar kepada lawan bicara supaya nantinya si anak akan mengikuti bahasa tersebut untuk berkomunikasi dengan orang lain. Untuk penggunaan bahasa daerah, biasanya sang orang tua yang berbicara dengan bahasa ini ketika mereka bertemu dengan sanak saudara dari kampung halaman.

       Penggunaan bahasa Indonesia di kalangan masyarakat mungkin tergantung level pembicaraannya, jika kita sedang berbicara dalam konteks non-formal maka bahasa yang cenderung digunakan adalah bahasa yang tidak terlalu baku, namun dalam konteks pembicaraan yang formal mungkin akan lebih cenderung menggunakan bahasa yang baku.



Sebutkan kelebihan dan kekurangan Bahasa Indonesia !

Bahasa Indonesia juga memiliki beberapa Kelebihan dan Kekurangan di antaranya sebagai berikut

Kelebihan bahasa Indonesia

a) Bahasa Indonesia cukup mudah untuk di pelajari oleh masyarakatnya sendiri, terutama yaitu karena di dalam sebuah aturan berbahasa Indonesia yg benar tidak pernah ada perbedaan dalam penggunaan, hanya konteks pembicaraan yang mempengaruhi penggunaannya, yaitu formal dan non-formal.

b) Kemudahan bahasa indonesia juga terletak pada pembacaan tulisan atau pengejaan, seperti tulisan “aku” yang akan tetap dibaca “aku”, tidak seperti bahasa inggris jika “I am” dibaca menjadi “Ai Em” atau “Ayyem”.

c) Merupakan bahasa persatuan di Tanah Air kita. Maka apabila kita sedang berada di dalam kota mana pun, selama kota itu masih berada di dalam wilayah Negara Indonesia, maka kita tidak perlu khawatir untuk masalah komunikasi dengan beberapa penduduk setempat. Bahkan untuk penduduk suku – suku yg dapat dikatakan masih tertinggal pun juga terkadang ada yg bisa berbicara berbahasa Indonesia.

d) Salah satu bhs yg paling banyak di gunakan di Dunia, dengan jumlah total 234 juta jiwa.


Kekurangan Bhs Indonesia

a) Bhs Indonesia merupakan bahasa yg “susah – suah gampang” untuk dapat dipelajari, terutama oleh beberapa orang yang bukan merupakan warga negara indonesia. Contohnya semisal; yaitu penggunaan Bhs Inggris vs Bhs Indonesia seperti yang ada di contoh berikut ini :
- She is okay = Dia baik – baik / Dia baik – baik saja
- He lives in Rembang = Dia hidup di daerah Rembang / Dia tinggal di daerah Rembang
- is / are = artinya yakni “merupakan”
Orang luar yg mempelajari Bhs Indonesia ini mungkin akan sedikit bingung, mau menggunakan kata yg mana??? Selain itu, terkadang kata – kata seperti “saya” akan terdengar lebih kaku apabila kita sedang berbicara dengan teman sebaya kita apabila dibandingkan dengan kata “aku”.

b) Banyaknya aturan – aturan di dalam bhs Indonesia yg baik & benar, baik di dalam berbicara ataupun penulisan. Misalnya yaitu, di dalam Bhs Indonesia kita sangat mengenal adanya EYD ( Ejaan yg Di sempurnakan ), penulisan kata & kalimat baku, cara penggunaan kalimat majemuk, dan sebagainya.

c) Adanya ungkapan – ungkapan yg sering di gunakan di dalam Bhs Indonesia, sehingga kita harus bisa memahami apa arti dari ungkapan tersebut. Contohnya :
meja hijau = pengadilan
hati = anak
tangan kanan = orang kepercayaan, dan sebagainya.

d) Sulit untuk di promosikan dengan sebagai salah satu bhs internasional, karena kita masih sangat tertinggal di dalam beberapa bidang, seperti halnya teknologi & ekonomi, yg mana 2 hal tersebut yaitu merupakan salah satu kriteria yg sedang digunakan di dalam menilai kelayakan suatu bhs yg akan digunakan sebagai bhs internasional.


Unknown

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

0 komentar:

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com tipscantiknya.com kumpulanrumusnya.comnya.com