TUGAS KE-2 BAHASA INDONESIA 1

08:35 0 Comments

Tugas Ke-2 Bahasa Indonesia 1
PROPOSAL PENGEMBANGAN SIMRS
SISTEM INFORMASI MANAJEMEN RUMAH SAKIT
PENDAHULUAN
Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS) adalah suatu perangkat lunak berbasis Multi Platform OS, yang dikembangkan untuk menangani Sistem Administrasi (Bussiness Process) dan Rekam Menis (Medical Record). Aplikasi ini dapat digunakan untuk RSUD maupun RS Swasta.
Aplikasi SIMRS merupakan solusi untuk pelayanan Rumah Sakit yang merawat pasien di beberapa departemen hingga puluhan departemen dengan kegiatan yang beraneka ragam, mulai dari pasien masuk pelayanan rawat jalan, rawat inap dengan banyak departemen, mutasi pasien antar departemen dan sampai pasien pulang.
Aplikasi ini juga mendukung pengelolaan keuangan berdasarkan Standar Akutansi yang berlaku, Cash, Flow, Rugi Laba, Neraca, GL, Finance : Hutang – Piutang.
Aplikasi SIMRS merupakan suatu solusi yang dimaksudkan untuk memberikan informasi yang cepat, pengaturan prioritas yang dibutuhkan dalam merencanakan dan membuat kebijakan dalam pelayanan di Rumah Sakit.
MODUL DAN FITUR
STANDARD PROGRAM PACKAGE
A.      MODUL REGISTRASI
Modul ini berfungsi sebagai Pencatatan Kedatangan Pasien pada Unit Rawat Jalan, Rawat Inap ataupun Gawat Darurat dengan dukungan Finger Print Scanner sebagai media pengenal pasien. Aplikasi ini dapat digabungkan dengan Aplikasi Antrian Pasien yang ditawarkan secara terpisah.
Modul ini bisa disesuaikan dengan kondisi lapangan yang dapat mengakomodir Jenis Pelayanan:
·         Registrasi Sentralisasi
·         Registrasi Pooling
·         Registrasi Desentralisasi
SUB MODUL REGISTRASI SENTRALISASI
Registrasi yang melayani seluruh pelayanan dalam satu tempat.
·         Kelebihan : Hardware dan petugas yang dibutuhkan tidak banyak untuk pengoperasiannya
·         Kekurangan : sedikit kurang nyaman bagi pasien karena sering terjadi antrian panjang jika pelayanan sedang ramai
SUB MODUL REGISTRASI POOLING
Layanan Registrasi untuk beberapa ruang rawat yang dijadikan satu
·         Kelebihan : hardware dan petugas yang dibutuhkan tidak banyak untuk pengoperasiannya
·         Kekurangan : sedikit kurang nyaman bagi pasien karena sering terjadi antrian panjang jika pelayanan sedang ramai
SUB MODUL REGISTRASI DESENTRALISASI
Registrasi dapat langsung dilakukan pada tiap ruang rawat – ruang rawat tujuan.
·         Kelebihan : tidak terjadi antrian panjang hanya untuk registrasi ke ruang rawat, petugas dapat merangkap sebagai kasir pembayaran pasien.
·         Kekurangan : lebih banyak dibutuhkan hardware dan tiap – tiap petugas ruang rawat dituntut harus bisa menjalankan program
RINCIAN APLIKASI :
SUB MODUL REGISTRASI RAWAT JALAN
Fitur umum :
·         Registrasi berdasarkan perjanjian / jadwal
·         Registrasi berdasarkan pencarian identitas / no. RM / nama / alamat / identitas pelengkap lain
·         Registrasi dapat dikembangkan berdasarkan barcode
Fasilitas :
1.       Layanan Pendaftaran Pasien Rawat Jalan
2.       Form Pencatatan Identitas Pasien Baru
3.       Form Pencatatan Identitas Pasien Lama
4.       Perubahan data Identitas Pasien
5.       Form pencarian Pasien Lama yang dapat langsung link dengan Form Registrasi Pasien Baru jika dalam pencarian Form Pasien Lama tidak ada.
6.       Form Pelayanan Pasien Konsultasi antar Poli
7.       Layanan arahan kunjungan pasien (pilih poliklinik)
8.       Pencatakan Retribusi Layanan Pemeriksaan, Status Pasien, secara otomatis pada tiap-tiap ruang rawat dengan masing-masing kategori pasien.
9.       Layanan Visual Grafik kunjungann Pasien pada tiap-tiap ruang rawat
10.   Layanan Penelusuran Data Pasien dengan media Google Maps
11.   Pengelolaan Data Statistik Pasien hingga level RT, RW
12.   Output berupa Daftar Register Harian, Bulanan, Tahunan keseluruhan Poli
13.   Output berupa Daftar Register Harian, Bulanan, Tahunan Detail Poli
14.   Output berupa Daftar Sensus Harian
15.   Output berupa Laporan Kunjungan Pasien per Kategori Pasien
16.   Pencarian Pasien berdasar No. RM, Nama Px, Alamat Px, ataupun pencarian berdasar gabungan antara Nama dan Alamat Px
17.   Dapat terhubung dengan Mesin Antrian Poli Pasien yang terjual terpisah.
SUB MODUL ADMISI RAWAT INAP
Fitur umum :
·         Registrasi berdasarkan perjanjian / jadwal
·         Registrasi berdasarkan pencarian identitas/No. RM/nama/alamat/identitas pelengkap lain
·         Registrasi dapat dikembangkan berdasarkan barcode
Fasilitas :
1.       Form pencarian Pasien Lama yang dapat langsung link dengan Form Registrasi Pasien Baru Jika dalam pencarian Form Pasien Lama tidak ada.
2.       Form Pencatatan Identitas Pasien Baru
3.       Form Pencatatan Identitas Pasien Lama
4.       Perubahan data Identitas Pasien
5.       Layanan Informasi Pasien Rawat Inap
6.       Form pencarian Pasien Lama yang dapat langsung link dengan Form Registrasi Pasien Baru jika dalam pencarian Form Pasien Lama tidak ada.
7.       Layanan Arahan Kategori Kelas Pelayanan Rawat Inap, sehingga billing secara otomatis mengikuti kategori kelas yang telah terpilih.
8.       Pencarian Pasien berdasar No. RM, Nama Px, Alamat Px, ataupun pencarian berdasar gabungan antara Nama dan Alamat Px
9.       Layanan Pindah Kamar
10.   Check Out Pasien
11.   Informasi Bed/Kamar Kosong
12.   Informasi Lokasi Pasien di rawat
13.   Informasi Billing Pasien yang sedang dirawat baik berupa Bill terbayar, terhutang ataupun Klaim Pasien Asuransi
14.   Mampu menangani Proses Billing Pasien Pindah Kelas
SUB MODUL REGISTRASI UNIT/INSTALASI GAWAT DARURAT
Fitur umum :
·         Registrasi Pasien
·         Registrasi berdasarkan identitas/No.RM/nama/alamat/identitas pelengkap lain
·         Registrasi dapat dikembangkan berdasarkan barcode
Fasilitas :
1.       Form Pencatatan Identitas Pasien Baru
2.       Form Pencatatan Identitas Pasien Lama
3.       Layanan Spesifikasi Jenis Kegawatan Pasien saat berkunjung (Triage Flag)
4.       Perubahan data identitas Pasien
5.       Output berupa Daftar Register Harian, Bulanan, Tahunan
6.       Output berupa Daftar Sensus Harian
7.       Output berupa Laporan Kunjungan Pasien per Kategori Pasien
8.       Pencarian Pasien berdasar No. RM, Nama Px, Alamat Px, ataupun pencarian berdasar gabungan antara Nama dan Alamat Px
B.      MODUL BILLING
Modul ini berfungsi sebagai Pencatatan tindakan-tindakan selama pasiendi rawat inap, maupun pencatatan tindakan pasien saat di ruang rawat jalan maupun di rawat darurat, begitu juga dengan proses pembelian obat di Instalasi Farmasi Rumah Sakit bisa menangani pembayaran cash maupun piutang pasien kerjasama.
Fitur umum :
·         Interface Menu Transaksi sangat mudah digunakan
·         Pencatatan Jasa Tindakan dokter, perawat, asisten selama Pasien di-Rawat Jalan secara otomatis sesuai dengan golongan kategori Pasien
·         Cetak Karcis Pelayanan Rawat Jalan secara otomatis pada form Registrasi Pasien
·         Master Kontrak Kerjasama Perusahaan atau Asuransi (Askes, Jamsostek, Askin) maupun BPJS
·         Breakdown Billing Pasien Perusahaan atau Asuransi
RINCIAN APLIKASI :
SUB MODUL BILLING PASIEN RAWAT JALAN
Fasilitas :
·         Labeling berdasarkan status kedaruratan penderita (Triage)
·         Pencetakan Retribusi Layanan Pemeriksaan Rawat Darurat, Status Pasien, secara otomatis menyesuaikan dengan tarif masing-masing kategori pasien.
·         Pencatatan jasa Tindakan dokter, perawat, asisten selama Pasien di-UGD/IGD
·         Cetak Karcis Pelayanan Rawat Darurat secara otomatis pada form Registrasi Pasien UGD/IGD
SUB MODUL BILLING PASIEN RAWAT INAP
Fasilitas :
·         Mencetak tanda bukti Pembayaran Pasien Pulang (Rawat Inap)
·         Pembagian Pendapatan dapat dialokasi sampai sub yang lebih detail seperti jasa sarana, jasa pelayanan dan lain-lain.
·         Mendukung multi kategori pasien, sehingga pembiayaan dapat diorganisir pada golongan tunai maupun piutang untuk pasien kerjasama
·         Mendukung penentuan tarif tindakan berdasar kelas perawatan pasien
·         Mendukung sistem penanganan multi petugas medis, seperti tindakan operasi yang biasanya dilakukan lebih dari satu petugas
·         Mendukung sistem pelaporan pendapatan petugas medik secara periodik
·         Pencatatan jasa tindakan dokter, perawat, asisten selama pasien di rawat inap
·         Layanan billing pasien pindah kelas layanan rawat inap
·         Informasi bed / kamar kosong untuk layanan rawat inap
·         Informasi lokasi pasien dirawat untuk layanan rawat inap
·         Informasi billing pasien yang sedang dirawat baik berupa bill terbayar, terhutang ataupun klaim pasien asuransi untuk layanan rawat inap
·         Informasi billing pasien yang sedang dirawat baik berupa jasa medis maupun pemakaian obat apotik.
·         Cetak billing pasien pulang untuk layanan rawat inap
·         Laporan statistik rujukan
C.      MODUL REKAM MEDIK
Modul ini menangani pencatatan data medis pasien guna keperluan informasi riwayat kesehatan pasien dan juga untuk keperluan evaluasi manajemen
RINCIAN APLIKASI :
1.       Pencatatan data sosial pasien, data morbiditas dengan pedoman sistem informasi rumah sakit
2.       Master ICD yang bisa disesuaikan dengan ICD yang berlaku saat itu ICD 10 atau ICD 11
3.       Pencatatan Master ICD sampai batas level tak terhingga
4.       Pengisian diagnose (ICD dan DTD) pasien dapat dengan mudah dilakukan pada kolom pencarian dengan otomatis sesuai dengan diagnose masing-masing ruang rawat
5.       Penyesuaian ICD dan DTD pada tiap-tiap ruang rawat dapat dilakukan sendir oleh petugas dengan mudah
6.       Pencatatan No Rekam Medis Pasien Rawat Jalan secara otomatis
7.       Pencatatan Rekam Medis Pasien Rawat Jalan sesuai dengan asuhan keperawatan SOAP (Subjective Objective Assesment Planning) untuk mencatat Therapy Pasien
8.       Pencarian Riwayat Kunjungan Pasien yang pernah dilakukann Pasien pada masing-masing Poli Rawat Jala
9.       Pengelolaan Data Statistik Pasien hingga level RT, RW (Data Sensus Pasien)
10.   Tracking System Status Rekam Medik Pasien
11.   Layanan pelaporan standar Departemen Kesehatan
12.   Menghasilkan pelaporan manajemen seperti BOR, LOS, BTO, TOI dll.
13.   Layanan laporan RL2a, RL2b, Register Pelayanan Pasien Rawat Jalan, Analisa Wabah
14.   Layanan Laporan-laporan (RL2.1, RL2.2, RL2.3) untuk Rawat Inap
D.      MODUL FARMASI
Menangani masalah transaksi obat rawat jalan, rawat inap, rawat darurat maupun pembelian bebas, Kartu stok obat Per Gudang, mutasi dengan multi gudang, hingga penyesuai stok akibat obat rusak atau hilang, semua tercatat dan terlaporkan. Daftar Kode Obat berbasis ISO.
RINCIAN APLIKASI :
SUB MODUL PENJUALAN
·         Mendukung transaksi penjualan obat, mutasi obat antar gudang, retur penjualan resep
·         Mendukung transaksi obat resep maupun transaksi obat bebas
·         Mendukung transaksi internal rumah sakit meliputi pemakaian barang, mutasi barang, laporan stok per gudang
·         Dukungan penyimpanan stok obat multi gudang
·         Dukungan penyesuai stok akibat penambahan obat baru, obat rusak atau hilang, semua tercatat dan terlaporkan
·         Retur penjualan resep dengan pengembalian stok berdasarkan masing-masing gudang UPT/outlet (multi gudang)
·         Terintegraasi dengan billing sistem rawat Inap, hal ini memungkinkan pembayaran piutang obat bagi pasien rawat inap sehingga total penggunaan obat selama pasien dirawat bisa ditagihkan pada saat pasien pulang
SUB MODUL PEMBELIAN
·         Mendukung input pembelian obat dari rekanan distributor/PBF mulai Order pembelian, pembelian barang COD, Penerimaan barang, Retur pembelian Obat.
·         Pencatatan hutang Distributor bisa disesuaikan dengan Jatuh Tempo Pembayaran dari Distributor/PBF
·         Pelunasan Hutang Distributor berdasar Jatuh Tempo Pembayaran dari Distributor/PBF, sehingga pembayaran hutang bisa dipantau.
SUB MODUL INVENTORY CONTROL
·         Menggunakan multi gudang dengan sistem memungkinkan penyimpana lebih dari satu gudang, sehingga distribusi obat dapat lebih mudah dipantau
·         Dukungan informasi Analisa Stock dan Kontrol Stock oleh piihak manajemen
·         Terdapat metode Transfer barang/obat antar gudang yang memungkinkan terjadi serat terima barang/obat
E.       MODUL SARANA PENUNJANG
MODUL SARANA PENUNJANG LABORATURIUM
Modul ini berfungsi untuk menampung dan mencatat hasil dari pemeriksaan Laboraturium dengan hasil yang bisa secara otomatis membandingkan langsung dengan nilai normal parameter tiap-tiap pemeriksaan laboraturium, sehingga hasil pemeriksaan Laboraturium sudah siap cetak.
MODUL SARANA PENUNJANG RADIOLOGI
Modul ini berfungsi untuk menampung dan mencatat hasil dari pemeriksaan Radiologi dengan hasil yang bisa secara otomatis membandingkan langsung dengan nilai normal parameter tiap-tiap pemeriksaan laboraturium, sehingga hasil pemeriksaan radiologi sudah siap cetak, berdasarkan template pemeriksaan hasil diagnosis.
RINCIAN APLIKASI :
1.       Aplikasi Input hasil pemeriksaan laboraturium dan radiologi
2.       Master Parameter Pemeriksaan Lab dibuat sangat sederhana sehingga petugas dapat dengan mudah menambah atau menyesuaikan nilai normal parameter pemeriksa laboraturium dan radiologi
3.       Master Template Pemeriksaan Laboraturium dan Radiologi, menu ini gunanya untuk membuat format cetak hasil pemeriksaan laboraturium dan radiologi
4.       Terdapat Input Tindakan jasa Pemeriksaan Laboraturium dan Radiologi dengan tarif yang bisa ditambah maupun disesuaikan oleh petugas tanpa harus mengubah program
ADDITIONAL PROGRAM PACKAGE
berikut ini adalah modul dan fitur tambahan sebagai pelengkap paket program standar di atas, dengan pengerjaan akan kami selesaikan setelah Aplikasi Standar sudah berjalan dengan baik.
MODUL SISTEM KEUANGAN
Modul ini berfungsi untuk menampung dan mencatat seluruh transaksi pada rumah sakit untuk menghasilkan pelaporan pada level manajemen secara cepat dan akurat.
RINCIAN APLIKASI :
1.       Terintegrasi secara penuh dengan sistem akutansi standar
2.       Mendukung pencatatan transaksi Kas Masuk dan Kas Keluar dengan laporan pendukungnya
3.       Mendukung pencatatan Hutang dan Piutang dengan laporan pendukungnya seperti Hutang Piutang Jatuh Tempo, Histori Pelunasan Hutang Piutang, Saldo Hutang Piutang
4.       Dukungan Jurnal Otomatis dan Manual
5.       Sistem pelaporan menunggu proses tutup buku
6.       Laporan Jurnal Harian, GL, Neraca Saldo, Laba Rugi, Neraca dan Analisa Keuangan
PENJADWALAN
Penjadwalan pengerjaan, mulai dari Tahap Pengembangan sampai berakhirnya masa garansi. Awal penjadwalan dihitung sejak ditandatanganinya kontrak kerja. Penjadwalan yang lebih rinci, akan dibuat setelah kontrak kerja disepakati.
PENUTUP
Demikian penjelasan software Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit, beserta keterangan penawaran harganya telah kami sampaikan. Adapun dalam penawaran kami tersebut, masih terbuka ruang untuk negoisasi. Kami sangat senang mendapatkan kesempatan untuk mengajukan penawaran ini dan berharap agar selalu dapat bertemu dan menjelaskan isi dari produk kami dan berharap dapat berlanjut menjadi sebuah kerjasama yang harmonis.

Unknown

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

0 komentar:

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com tipscantiknya.com kumpulanrumusnya.comnya.com