TUGAS KE-2 BAHASA INDONESIA 1
PROPOSAL PENGEMBANGAN SIMRS
SISTEM INFORMASI MANAJEMEN RUMAH
SAKIT
PENDAHULUAN
Sistem Informasi Manajemen Rumah
Sakit (SIMRS) adalah suatu perangkat lunak berbasis Multi Platform OS, yang
dikembangkan untuk menangani Sistem Administrasi (Bussiness Process) dan Rekam
Menis (Medical Record). Aplikasi ini dapat digunakan untuk RSUD maupun RS
Swasta.
Aplikasi SIMRS merupakan solusi
untuk pelayanan Rumah Sakit yang merawat pasien di beberapa departemen hingga
puluhan departemen dengan kegiatan yang beraneka ragam, mulai dari pasien masuk
pelayanan rawat jalan, rawat inap dengan banyak departemen, mutasi pasien antar
departemen dan sampai pasien pulang.
Aplikasi ini juga mendukung
pengelolaan keuangan berdasarkan Standar Akutansi yang berlaku, Cash, Flow, Rugi
Laba, Neraca, GL, Finance : Hutang – Piutang.
Aplikasi SIMRS merupakan suatu
solusi yang dimaksudkan untuk memberikan informasi yang cepat, pengaturan
prioritas yang dibutuhkan dalam merencanakan dan membuat kebijakan dalam
pelayanan di Rumah Sakit.
MODUL DAN FITUR
STANDARD PROGRAM PACKAGE
A. MODUL
REGISTRASI
Modul ini
berfungsi sebagai Pencatatan Kedatangan Pasien pada Unit Rawat Jalan, Rawat
Inap ataupun Gawat Darurat dengan dukungan Finger Print Scanner sebagai media
pengenal pasien. Aplikasi ini dapat digabungkan dengan Aplikasi Antrian Pasien
yang ditawarkan secara terpisah.
Modul ini bisa
disesuaikan dengan kondisi lapangan yang dapat mengakomodir Jenis Pelayanan:
·
Registrasi Sentralisasi
·
Registrasi Pooling
·
Registrasi Desentralisasi
SUB MODUL
REGISTRASI SENTRALISASI
Registrasi
yang melayani seluruh pelayanan dalam satu tempat.
·
Kelebihan : Hardware dan petugas yang dibutuhkan tidak banyak
untuk pengoperasiannya
·
Kekurangan : sedikit kurang nyaman bagi pasien
karena sering terjadi antrian panjang jika pelayanan sedang ramai
SUB MODUL
REGISTRASI POOLING
Layanan
Registrasi untuk beberapa ruang rawat yang dijadikan satu
·
Kelebihan : hardware dan petugas yang dibutuhkan tidak banyak
untuk pengoperasiannya
·
Kekurangan : sedikit kurang nyaman bagi pasien
karena sering terjadi antrian panjang jika pelayanan sedang ramai
SUB MODUL
REGISTRASI DESENTRALISASI
Registrasi
dapat langsung dilakukan pada tiap ruang rawat – ruang rawat tujuan.
·
Kelebihan : tidak terjadi antrian panjang hanya untuk
registrasi ke ruang rawat, petugas dapat merangkap sebagai kasir pembayaran
pasien.
·
Kekurangan : lebih banyak dibutuhkan hardware dan tiap – tiap
petugas ruang rawat dituntut harus bisa menjalankan program
RINCIAN APLIKASI :
SUB MODUL
REGISTRASI RAWAT JALAN
Fitur umum
:
·
Registrasi berdasarkan perjanjian / jadwal
·
Registrasi berdasarkan pencarian identitas / no. RM / nama /
alamat / identitas pelengkap lain
·
Registrasi dapat dikembangkan berdasarkan barcode
Fasilitas :
1.
Layanan Pendaftaran Pasien Rawat Jalan
2.
Form Pencatatan Identitas Pasien Baru
3.
Form Pencatatan Identitas Pasien Lama
4.
Perubahan data Identitas Pasien
5.
Form pencarian Pasien Lama yang dapat langsung link dengan Form
Registrasi Pasien Baru jika dalam pencarian Form Pasien Lama tidak ada.
6.
Form Pelayanan Pasien Konsultasi antar Poli
7.
Layanan arahan kunjungan pasien (pilih poliklinik)
8.
Pencatakan Retribusi Layanan Pemeriksaan, Status Pasien, secara otomatis
pada tiap-tiap ruang rawat dengan masing-masing kategori pasien.
9.
Layanan Visual Grafik kunjungann Pasien pada tiap-tiap ruang rawat
10.
Layanan Penelusuran Data Pasien dengan media Google Maps
11.
Pengelolaan Data Statistik Pasien hingga level RT, RW
12.
Output berupa Daftar Register Harian, Bulanan, Tahunan keseluruhan Poli
13.
Output berupa Daftar Register Harian, Bulanan, Tahunan Detail Poli
14.
Output berupa Daftar Sensus Harian
15.
Output berupa Laporan Kunjungan Pasien per Kategori Pasien
16.
Pencarian Pasien berdasar No. RM, Nama Px, Alamat Px, ataupun pencarian
berdasar gabungan antara Nama dan Alamat Px
17.
Dapat terhubung dengan Mesin Antrian Poli Pasien yang terjual terpisah.
SUB MODUL
ADMISI RAWAT INAP
Fitur umum :
·
Registrasi berdasarkan perjanjian / jadwal
·
Registrasi berdasarkan pencarian identitas/No.
RM/nama/alamat/identitas pelengkap lain
·
Registrasi dapat dikembangkan berdasarkan barcode
Fasilitas :
1.
Form pencarian Pasien Lama yang dapat langsung link dengan Form
Registrasi Pasien Baru Jika dalam pencarian Form Pasien Lama tidak ada.
2.
Form Pencatatan Identitas Pasien Baru
3.
Form Pencatatan Identitas Pasien Lama
4.
Perubahan data Identitas Pasien
5.
Layanan Informasi Pasien Rawat Inap
6.
Form pencarian Pasien Lama yang dapat langsung link dengan Form
Registrasi Pasien Baru jika dalam pencarian Form Pasien Lama tidak ada.
7.
Layanan Arahan Kategori Kelas Pelayanan Rawat Inap, sehingga billing
secara otomatis mengikuti kategori kelas yang telah terpilih.
8.
Pencarian Pasien berdasar No. RM, Nama Px, Alamat Px, ataupun pencarian
berdasar gabungan antara Nama dan Alamat Px
9.
Layanan Pindah Kamar
10.
Check Out Pasien
11.
Informasi Bed/Kamar Kosong
12.
Informasi Lokasi Pasien di rawat
13.
Informasi Billing Pasien yang sedang dirawat baik berupa Bill terbayar,
terhutang ataupun Klaim Pasien Asuransi
14.
Mampu menangani Proses Billing Pasien Pindah Kelas
SUB MODUL
REGISTRASI UNIT/INSTALASI GAWAT DARURAT
Fitur umum :
·
Registrasi Pasien
·
Registrasi berdasarkan identitas/No.RM/nama/alamat/identitas
pelengkap lain
·
Registrasi dapat dikembangkan berdasarkan barcode
Fasilitas :
1.
Form Pencatatan Identitas Pasien Baru
2.
Form Pencatatan Identitas Pasien Lama
3.
Layanan Spesifikasi Jenis Kegawatan Pasien saat berkunjung (Triage Flag)
4.
Perubahan data identitas Pasien
5.
Output berupa Daftar Register Harian, Bulanan, Tahunan
6.
Output berupa Daftar Sensus Harian
7.
Output berupa Laporan Kunjungan Pasien per Kategori Pasien
8.
Pencarian Pasien berdasar No. RM, Nama Px, Alamat Px, ataupun pencarian
berdasar gabungan antara Nama dan Alamat Px
B. MODUL
BILLING
Modul ini
berfungsi sebagai Pencatatan tindakan-tindakan selama pasiendi rawat inap,
maupun pencatatan tindakan pasien saat di ruang rawat jalan maupun di rawat
darurat, begitu juga dengan proses pembelian obat di Instalasi Farmasi Rumah
Sakit bisa menangani pembayaran cash maupun piutang pasien kerjasama.
Fitur umum :
·
Interface Menu Transaksi sangat mudah digunakan
·
Pencatatan Jasa Tindakan dokter, perawat, asisten selama Pasien
di-Rawat Jalan secara otomatis sesuai dengan golongan kategori Pasien
·
Cetak Karcis Pelayanan Rawat Jalan secara otomatis pada form
Registrasi Pasien
·
Master Kontrak Kerjasama Perusahaan atau Asuransi (Askes,
Jamsostek, Askin) maupun BPJS
·
Breakdown Billing Pasien Perusahaan atau Asuransi
RINCIAN
APLIKASI :
SUB MODUL BILLING PASIEN RAWAT JALAN
Fasilitas :
·
Labeling berdasarkan status kedaruratan penderita (Triage)
·
Pencetakan Retribusi Layanan Pemeriksaan Rawat Darurat, Status
Pasien, secara otomatis menyesuaikan dengan tarif masing-masing kategori
pasien.
·
Pencatatan jasa Tindakan dokter, perawat, asisten selama Pasien
di-UGD/IGD
·
Cetak Karcis Pelayanan Rawat Darurat secara otomatis pada form
Registrasi Pasien UGD/IGD
SUB MODUL
BILLING PASIEN RAWAT INAP
Fasilitas :
·
Mencetak tanda bukti Pembayaran Pasien Pulang (Rawat Inap)
·
Pembagian Pendapatan dapat dialokasi sampai sub yang lebih detail
seperti jasa sarana, jasa pelayanan dan lain-lain.
·
Mendukung multi kategori pasien, sehingga pembiayaan dapat
diorganisir pada golongan tunai maupun piutang untuk pasien kerjasama
·
Mendukung penentuan tarif tindakan berdasar kelas perawatan
pasien
·
Mendukung sistem penanganan multi petugas medis, seperti tindakan
operasi yang biasanya dilakukan lebih dari satu petugas
·
Mendukung sistem pelaporan pendapatan petugas medik secara
periodik
·
Pencatatan jasa tindakan dokter, perawat, asisten selama pasien
di rawat inap
·
Layanan billing pasien pindah kelas layanan rawat inap
·
Informasi bed / kamar kosong untuk layanan rawat inap
·
Informasi lokasi pasien dirawat untuk layanan rawat inap
·
Informasi billing pasien yang sedang dirawat baik berupa bill
terbayar, terhutang ataupun klaim pasien asuransi untuk layanan rawat inap
·
Informasi billing pasien yang sedang dirawat baik berupa jasa
medis maupun pemakaian obat apotik.
·
Cetak billing pasien pulang untuk layanan rawat inap
·
Laporan statistik rujukan
C. MODUL
REKAM MEDIK
Modul ini
menangani pencatatan data medis pasien guna keperluan informasi riwayat
kesehatan pasien dan juga untuk keperluan evaluasi manajemen
RINCIAN
APLIKASI :
1.
Pencatatan data sosial pasien, data morbiditas dengan pedoman sistem
informasi rumah sakit
2.
Master ICD yang bisa disesuaikan dengan ICD yang berlaku saat itu ICD 10
atau ICD 11
3.
Pencatatan Master ICD sampai batas level tak terhingga
4.
Pengisian diagnose (ICD dan DTD) pasien dapat dengan mudah dilakukan
pada kolom pencarian dengan otomatis sesuai dengan diagnose masing-masing ruang
rawat
5.
Penyesuaian ICD dan DTD pada tiap-tiap ruang rawat dapat dilakukan
sendir oleh petugas dengan mudah
6.
Pencatatan No Rekam Medis Pasien Rawat Jalan secara otomatis
7.
Pencatatan Rekam Medis Pasien Rawat Jalan sesuai dengan asuhan
keperawatan SOAP (Subjective Objective Assesment Planning) untuk mencatat
Therapy Pasien
8.
Pencarian Riwayat Kunjungan Pasien yang pernah dilakukann Pasien pada
masing-masing Poli Rawat Jala
9.
Pengelolaan Data Statistik Pasien hingga level RT, RW (Data Sensus
Pasien)
10.
Tracking System Status Rekam Medik Pasien
11.
Layanan pelaporan standar Departemen Kesehatan
12.
Menghasilkan pelaporan manajemen seperti BOR, LOS, BTO, TOI dll.
13.
Layanan laporan RL2a, RL2b, Register Pelayanan Pasien Rawat Jalan,
Analisa Wabah
14.
Layanan Laporan-laporan (RL2.1, RL2.2, RL2.3) untuk Rawat Inap
D. MODUL
FARMASI
Menangani
masalah transaksi obat rawat jalan, rawat inap, rawat darurat maupun pembelian
bebas, Kartu stok obat Per Gudang, mutasi dengan multi gudang, hingga penyesuai
stok akibat obat rusak atau hilang, semua tercatat dan terlaporkan. Daftar Kode
Obat berbasis ISO.
RINCIAN
APLIKASI :
SUB
MODUL PENJUALAN
·
Mendukung transaksi penjualan obat, mutasi obat antar gudang,
retur penjualan resep
·
Mendukung transaksi obat resep maupun transaksi obat bebas
·
Mendukung transaksi internal rumah sakit meliputi pemakaian
barang, mutasi barang, laporan stok per gudang
·
Dukungan penyimpanan stok obat multi gudang
·
Dukungan penyesuai stok akibat penambahan obat baru, obat rusak
atau hilang, semua tercatat dan terlaporkan
·
Retur penjualan resep dengan pengembalian stok berdasarkan
masing-masing gudang UPT/outlet (multi gudang)
·
Terintegraasi dengan billing sistem rawat Inap, hal ini
memungkinkan pembayaran piutang obat bagi pasien rawat inap sehingga total
penggunaan obat selama pasien dirawat bisa ditagihkan pada saat pasien pulang
SUB MODUL
PEMBELIAN
·
Mendukung input pembelian obat dari rekanan distributor/PBF mulai
Order pembelian, pembelian barang COD, Penerimaan barang, Retur pembelian Obat.
·
Pencatatan hutang Distributor bisa disesuaikan dengan Jatuh Tempo
Pembayaran dari Distributor/PBF
·
Pelunasan Hutang Distributor berdasar Jatuh Tempo Pembayaran dari
Distributor/PBF, sehingga pembayaran hutang bisa dipantau.
SUB MODUL
INVENTORY CONTROL
·
Menggunakan multi gudang dengan sistem memungkinkan penyimpana
lebih dari satu gudang, sehingga distribusi obat dapat lebih mudah dipantau
·
Dukungan informasi Analisa Stock dan Kontrol Stock oleh piihak
manajemen
·
Terdapat metode Transfer barang/obat antar gudang yang
memungkinkan terjadi serat terima barang/obat
E. MODUL
SARANA PENUNJANG
MODUL SARANA PENUNJANG LABORATURIUM
Modul ini
berfungsi untuk menampung dan mencatat hasil dari pemeriksaan Laboraturium
dengan hasil yang bisa secara otomatis membandingkan langsung dengan nilai
normal parameter tiap-tiap pemeriksaan laboraturium, sehingga hasil pemeriksaan
Laboraturium sudah siap cetak.
MODUL SARANA PENUNJANG RADIOLOGI
Modul ini
berfungsi untuk menampung dan mencatat hasil dari pemeriksaan Radiologi dengan
hasil yang bisa secara otomatis membandingkan langsung dengan nilai normal
parameter tiap-tiap pemeriksaan laboraturium, sehingga hasil pemeriksaan
radiologi sudah siap cetak, berdasarkan template pemeriksaan hasil diagnosis.
RINCIAN APLIKASI :
1.
Aplikasi Input hasil pemeriksaan laboraturium dan radiologi
2.
Master Parameter Pemeriksaan Lab dibuat sangat sederhana sehingga
petugas dapat dengan mudah menambah atau menyesuaikan nilai normal parameter
pemeriksa laboraturium dan radiologi
3.
Master Template Pemeriksaan Laboraturium dan Radiologi, menu ini gunanya
untuk membuat format cetak hasil pemeriksaan laboraturium dan radiologi
4.
Terdapat Input Tindakan jasa Pemeriksaan Laboraturium dan Radiologi
dengan tarif yang bisa ditambah maupun disesuaikan oleh petugas tanpa harus
mengubah program
ADDITIONAL PROGRAM PACKAGE
berikut ini adalah modul dan
fitur tambahan sebagai pelengkap paket program standar di atas, dengan
pengerjaan akan kami selesaikan setelah Aplikasi Standar sudah berjalan dengan
baik.
MODUL SISTEM
KEUANGAN
Modul ini
berfungsi untuk menampung dan mencatat seluruh transaksi pada rumah sakit untuk
menghasilkan pelaporan pada level manajemen secara cepat dan akurat.
RINCIAN
APLIKASI :
1.
Terintegrasi secara penuh dengan sistem akutansi standar
2.
Mendukung pencatatan transaksi Kas Masuk dan Kas Keluar dengan laporan
pendukungnya
3.
Mendukung pencatatan Hutang dan Piutang dengan laporan pendukungnya
seperti Hutang Piutang Jatuh Tempo, Histori Pelunasan Hutang Piutang, Saldo
Hutang Piutang
4.
Dukungan Jurnal Otomatis dan Manual
5.
Sistem pelaporan menunggu proses tutup buku
6.
Laporan Jurnal Harian, GL, Neraca Saldo, Laba Rugi, Neraca dan Analisa
Keuangan
PENJADWALAN
Penjadwalan pengerjaan, mulai
dari Tahap Pengembangan sampai berakhirnya masa garansi. Awal penjadwalan
dihitung sejak ditandatanganinya kontrak kerja. Penjadwalan yang lebih rinci,
akan dibuat setelah kontrak kerja disepakati.
PENUTUP
Demikian penjelasan software
Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit, beserta keterangan penawaran harganya
telah kami sampaikan. Adapun dalam penawaran kami tersebut, masih terbuka ruang
untuk negoisasi. Kami sangat senang mendapatkan kesempatan untuk mengajukan penawaran
ini dan berharap agar selalu dapat bertemu dan menjelaskan isi dari produk kami
dan berharap dapat berlanjut menjadi sebuah kerjasama yang harmonis.
0 komentar: